Rabu, 11 Oktober 2017

Rangkuman CISCO CHAPTER 1

Exploring the Network

Dalam dunia sekarang ini, melalui penggunaan jaringan, kita terhubung tidak seperti sebelumnya. Orang dengan ide-ide dapat berkomunikasi langsung dengan orang lain untuk membuat ide-ide menjadi kenyataan.
Bayangkan dunia tanpa internet. Tidak ada lagi Google, YouTube, instant messaging, Facebook, Wikipedia, game online, Netflix, iTunes, dan akses mudah ke informasi saat ini. Tidak ada lagi situs perbandingan harga, menghindari garis dengan belanja online, atau cepat mencari nomor telepon dan arah peta untuk berbagai lokasi di klik jari. Bagaimana yang berbeda hidup kita akan menjadi tanpa semua ini? Itu adalah dunia yang kita hidup hanya dalam 15 sampai 20 tahun yang lalu. Tapi selama bertahun-tahun, jaringan data telah perlahan-lahan berkembang dan telah repurposed untuk meningkatkan kualitas hidup bagi orang-orang di mana-mana.
Dalam perjalanan sehari, sumber daya yang tersedia melalui Internet dapat membantu Anda:
·         Posting dan berbagi foto, video rumah, dan pengalaman dengan teman-teman atau dengan dunia.
·         Akses dan menyerahkan pekerjaan sekolah.
·            Berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan-rekan menggunakan email, pesan instan, atau panggilan telepon Internet.
  •  Menonton video, film, atau episode televisi on demand.
  •  Bermain game online dengan teman-teman.
  • Memutuskan apa yang akan dikenakan menggunakan kondisi cuaca saat online.
  • Menemukan padat rute paling ke tujuan Anda, menampilkan cuaca dan lalu lintas video dari webcam.
  •  Memeriksa saldo bank Anda dan membayar tagihan secara elektronik.
Jaringan telah mengubah cara kita belajar. jaringan kuat dan dapat diandalkan mendukung dan memperkaya belajar siswa pengalaman. Mereka menyampaikan materi pembelajaran dalam berbagai format termasuk kegiatan interaktif, penilaian, dan umpan balik. jaringan sekarang:

  •          Mendukung terciptanya kelas virtual
  •          Menyediakan on-demand video
  •          Aktifkan ruang pembelajaran kolaboratif
  •          Aktifkan ponsel pembelajaran
   1. Terhubung Jaringan Global
Globalisasi internet telah diantar dalam bentuk-bentuk baru komunikasi yang memberdayakan individu untuk membuat informasi yang dapat diakses oleh khalayak global.
Beberapa bentuk komunikasi meliputi:
  • ·      Instant Messaging (IM) / Texting - IM dan SMS kedua memungkinkan instan komunikasi real-time antara dua atau lebih orang. Banyak IM dan SMS aplikasi menggabungkan fitur seperti transfer file. aplikasi IM dapat menawarkan fitur tambahan seperti suara dan komunikasi video.
  • ·      Social Media - Media sosial terdiri dari website interaktif di mana orang-orang dan masyarakat membuat dan berbagi konten yang dibuat pengguna dengan teman-teman, keluarga, teman sebaya, dan dunia.
  • ·      Kolaborasi Alat - alat kolaborasi memberi orang kesempatan untuk bekerja sama dalam dokumen bersama.
  • ·      Weblog (blog) - weblog adalah halaman web yang mudah untuk memperbarui dan mengedit. Tidak seperti situs komersial, yang dibuat oleh para ahli komunikasi profesional, blog memberikan orang alat untuk mengkomunikasikan pikiran mereka kepada khalayak global tanpa pengetahuan teknis dari desain web.
  • ·      Wiki - Wiki adalah halaman web yang kelompok orang dapat mengedit dan melihat bersama-sama. Sedangkan blog lebih dari seorang individu, jurnal pribadi, wiki adalah pembuatan grup. Dengan demikian, dapat dikenakan ulasan yang lebih luas dan editing.
  • ·      Podcasting - Podcasting adalah media-berbasis audio yang awalnya memungkinkan orang untuk merekam audio dan mengubahnya untuk digunakan. Podcasting memungkinkan orang untuk memberikan rekaman mereka ke khalayak luas. File audio ditempatkan pada sebuah situs web (atau blog atau wiki) di mana orang lain dapat men-download dan memutar rekaman pada komputer mereka, laptop, dan perangkat mobile lainnya.
  • ·      Peer-to-Peer (P2P) File Sharing - Peer-to-Peer file sharing memungkinkan orang untuk berbagi file dengan satu sama lain tanpa harus menyimpan dan men-download mereka dari server pusat. pengguna bergabung dengan jaringan P2P dengan hanya menginstal software P2P. Hal ini memungkinkan mereka mencari dan berbagi file dengan orang lain dalam jaringan P2P. Digitalisasi luas file media, seperti file musik dan video telah meningkatkan minat dalam file sharing P2P. P2P file sharing belum dianut oleh semua orang. Banyak orang khawatir tentang melanggar hukum materi berhak cipta.


Contoh gambar pada jaringan File Sharing Peer-to-Peer

  2.  Jaringan
Infrastruktur jaringan dapat sangat bervariasi dalam hal:
·         Ukuran daerah tertutup
·         Jumlah pengguna terhubung
·         Jumlah dan jenis layanan yang tersedia
Angka tersebut menggambarkan dua jenis yang paling umum dari infrastruktur jaringan:
1.       Local Area Network (LAN) - Sebuah infrastruktur jaringan yang menyediakan akses ke pengguna dan perangkat akhir di wilayah geografis yang kecil.
2.       Wide Area Network (WAN) - Sebuah infrastruktur jaringan yang menyediakan akses ke jaringan lain di wilayah geografis yang luas.

Jenis-jenis jaringan meliputi:
1.       Metropolitan Area Network (MAN) - Sebuah infrastruktur jaringan yang mencakup area fisik lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN (misalnya, sebuah kota). MAN biasanya dioperasikan oleh entitas tunggal seperti organisasi besar.
2.       Wireless LAN (WLAN) - Mirip dengan LAN tapi tanpa kabel interkoneksi pengguna dan titik akhir di wilayah geografis yang kecil.


3.       Storage Area Network (SAN) - Sebuah infrastruktur jaringan yang dirancang untuk mendukung file server dan menyediakan penyimpanan data, pengambilan, dan replikasi. Ini melibatkan server high-end, beberapa array disk (disebut blok), dan teknologi interkoneksi Fibre Channel.

3. Komponen Jaringan
      Komunikasi melalui jaringan dilakukan pada media. Media menyediakan saluran di mana pesan perjalanan dari sumber ke tujuan.
    Jaringan modern terutama menggunakan tiga jenis media untuk menghubungkan perangkat dan menyediakan jalur di mana data dapat dikirim. Seperti yang ditunjukkan pada gambar, media ini adalah: 
    •         kawat logam dalam kabel
    •         Kaca atau plastik serat (kabel serat optik)
    •        transmisi nirkabel
       Sinyal encoding yang harus terjadi untuk pesan yang akan dikirim adalah berbeda untuk setiap jenis media. Pada kabel metalik, data dikodekan menjadi impuls listrik yang cocok dengan pola tertentu. transmisi serat optik bergantung pada pulsa cahaya, dalam salah inframerah atau terlihat rentang cahaya. Dalam transmisi nirkabel, pola gelombang elektromagnetik menggambarkan berbagai nilai bit.
      • Berbagai jenis media jaringan memiliki fitur dan manfaat yang berbeda. Tidak semua media jaringan memiliki karakteristik yang sama dan sesuai untuk tujuan yang sama. Kriteria untuk memilih jaringan media adalah:
      • Jarak media berhasil dapat membawa sinyal
      •  Lingkungan di mana media harus diinstal
      •  Jumlah data dan kecepatan yang harus ditularkan
      •  Biaya media dan instalasi
                         bagaimana masing-masing perangkat ini dan media terhubung satu sama lain. hal penting untuk diingat adalah: 
1.     Network Interface Card - NIC, atau adaptor LAN, menyediakan koneksi fisik ke  jaringan di PC atau perangkat host lainnya. Media menghubungkan PC ke  perangkat jaringan colokan langsung ke NIC.
2.     Physical Port - Sebuah konektor atau outlet pada perangkat jaringan di mana media terhubung ke host atau perangkat jaringan lainnya.

3.     Interface port Khusus pada perangkat internetworking yang terhubung ke jaringan  individuantarmuka. Karena router digunakan untuk menghubungkan jaringan, port pada router yang disebut jaringan muka
                    
                 Ada dua jenis yang termasuk diagram topologi :
1.  diagram topologi fisik - Mengidentifikasi lokasi fisik dari perangkat perantara, port dikonfigurasi, dan instalasi kabel.

2.   diagram topologi logis - Mengidentifikasi perangkat, pelabuhan, dan IP skema pegalamatan
  4. Terhubung Ke Jaringan Internet

1.       Cable - Biasanya ditawarkan oleh penyedia layanan televisi kabel, sinyal data internet dilakukan pada kabel koaksial yang sama yang memberikan televisi kabel. Ini menyediakan bandwidth tinggi, selalu, koneksi ke Internet. Modem kabel khusus memisahkan sinyal data internet dari sinyal lain yang dilakukan pada kabel dan menyediakan koneksi Ethernet ke komputer host atau LAN.
2.       DSL - Menyediakan bandwidth yang tinggi, selalu, koneksi ke Internet. Hal ini membutuhkan modem kecepatan tinggi khusus yang memisahkan sinyal DSL dari sinyal telepon dan memberikan koneksi Ethernet ke komputer host atau LAN. DSL berjalan melalui saluran telepon, dengan garis dibagi menjadi tiga saluran.
3.       Selular - Akses Internet selular menggunakan jaringan telepon seluler untuk menghubungkan. Di mana pun Anda bisa mendapatkan sinyal seluler, Anda bisa mendapatkan akses internet seluler.
4.       Satelit - Layanan satelit adalah pilihan yang baik untuk rumah atau kantor yang tidak memiliki akses ke DSL atau kabel. piring satelit membutuhkan garis yang jelas terlihat ke satelit dan mungkin sulit di daerah berhutan lebat atau tempat dengan penghalang overhead lainnya. Kecepatan akan bervariasi tergantung pada kontrak, meskipun mereka umumnya baik.
5.       Dial-up Telepon - Pilihan murah yang menggunakan setiap saluran telepon dan modem. Untuk terhubung ke ISP, pengguna memanggil nomor telepon akses ISP. Bandwidth rendah yang disediakan oleh koneksi modem dial-up biasanya tidak cukup untuk transfer data yang besar, meskipun hal ini berguna untuk akses mobile saat bepergian. Sebuah koneksi modem dial-up hanya harus dipertimbangkan ketika opsi koneksi kecepatan tinggi yang tidak tersedia.
6.       Banyak rumah dan kantor kecil lebih sering dihubungkan langsung dengan kabel serat optik. Hal ini memungkinkan penyedia layanan Internet untuk memberikan kecepatan bandwidth yang lebih tinggi dan mendukung layanan lainnya seperti Internet, ponsel, dan TV.

5. Keamanan Jaringan
               Mengamankan jaringan melibatkan protokol, teknologi, perangkat, peralatan, dan teknik untuk mengamankan data dan mengurangi ancaman. Banyak ancaman keamanan jaringan eksternal saat ini tersebar di internet. Ancaman eksternal yang paling umum untuk jaringan meliputi:

1.       Virus, worm, dan Trojan horse - perangkat lunak berbahaya dan kode arbitrary berjalan pada perangkat pengguna
2.       Spyware dan adware - software diinstal pada perangkat pengguna yang diam-diam mengumpulkan informasi tentang pengguna
3.       serangan zero-day, juga disebut serangan zero-jam - serangan yang terjadi pada hari pertama yang kerentanan menjadi diketahui
4.       serangan hacker - serangan oleh orang yang berpengetahuan untuk pengguna perangkat atau sumber daya jaringan
5.       Penolakan serangan layanan - serangan yang dirancang untuk memperlambat atau aplikasi kecelakaan dan proses pada perangkat jaringan
6.       intersepsi data dan pencurian - serangan untuk menangkap informasi pribadi dari jaringan organisasi
7.       Pencurian identitas - serangan untuk mencuri kredensial login user untuk mengakses data pribadi
8.       Hal ini sama pentingnya untuk mempertimbangkan ancaman internal. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pelanggaran data yang paling umum terjadi karena pengguna internal jaringan. Hal ini dapat dikaitkan dengan perangkat hilang atau dicuri, disengaja penyalahgunaan oleh karyawan, dan dalam lingkungan bisnis, bahkan karyawan berbahaya. Dengan strategi BYOD berkembang, data perusahaan jauh lebih rentan. Oleh karena itu, ketika mengembangkan kebijakan keamanan, penting untuk mengatasi kedua ancaman keamanan eksternal dan internal.
       
      komponen keamanan jaringan untuk jaringan rumah atau kantor kecil seperti :

1.      Antivirus dan antispyware - untuk melindungi perangkat pengguna dari perangkat lunak berbahaya
2.       Firewall filtering - untuk memblokir akses tidak sah ke jaringan. Ini mungkin termasuk sistem firewall berbasis host yang diimplementasikan untuk mencegah akses tidak sah ke perangkat host, atau layanan penyaringan dasar dari router rumah untuk mencegah akses yang tidak sah dari dunia luar ke dalam jaringan.

      Selain di atas, jaringan yang lebih besar dan jaringan perusahaan menggunakan keamanan :

1.       sistem firewall khusus - untuk memberikan kemampuan firewall lebih maju yang dapat menyaring sejumlah besar lalu lintas dengan lebih banyak detail
2.       daftar kontrol akses (ACL) - untuk akses ke filter lebih lanjut dan forwarding lalu lintas
3.       sistem pencegahan intrusi (IPS) - untuk mengidentifikasi ancaman cepat menyebar, seperti zero-day atau nol jam serangan
4.       Jaringan pribadi virtual (VPN) - untuk menyediakan akses yang aman ke pekerja jarak jauh
5.       persyaratan keamanan jaringan harus memperhitungkan lingkungan jaringan, serta berbagai aplikasi, dan kebutuhan komputasi. Kedua lingkungan rumah dan bisnis harus dapat mengamankan data mereka, sementara masih memungkinkan untuk kualitas layanan yang diharapkan dari masing-masing teknologi. Selain itu, solusi keamanan yang diterapkan harus beradaptasi dengan tren yang berkembang dan berubah dari jaringan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar